SHARE

Kenapa colokan listrik di setiap negara berbeda – beda ya. Hal ini biasanya yang pernah bepergian ke luar negeri sedikit repot. Berikut adalah asal usul colokan listrik yang ternyata memiliki sejarah.

Asal Usul Colokan Listrik Kenapa Berbeda di Setiap Negara

asal usul colokan listrik

Semua ini bermula pada era kemunculan listrik pada abad ke 19. Yaitu terdapat di Amerika Utara dan juga di Negara Eropa. Waktu itu di negara tersebut colokan listrik di gunakan untuk menghidupkan lampu saja.

Penemuan Colokan 2 Pin Oleh Harvey Hubbell Tahun 1930

harvey hubbell

Penemuan ini sudah sering kita gunakan di indonesia. Yaitu terdapat 2 colokan atau lubang yang sering kita gunakan hingga sampai saat ini.

Perkembangan Teknologi Menjadikan Alat Elektronik Semakin Beragam Dengan 2 Colokan Pin

perkembangan alat elektronik

Seiring berkembangnya teknologi ketika di temukan nya colokan 2 lubang tersebut. Membuat berbagai macam elektronik baru di temukan. Dan hingga sampai saat ini alat elektronik masih berkembang.

Muncullah Ide Baru Yaitu Edison Screw Fitting

ide baru edison screw fitting

Biasanya fitting ini di gunakan pada lampu saat ini. Dan bisa kalian lihat bahwa perkembangan tersebut sangat jelas sekali kemajuan teknologi waktu itu. Penemuan ini pada intinya untuk membuat biaya listrik lebih murah.

Ditemukannya Variasi Colokan 3 Lubang Yang Lebih Aman

colokan listrik 3 lubang

Karena colokan 2 pin di klaim kurang aman. Maka para produsen membuat colokan yang lebih aman yaitu dengan menambah jumlah pin menjadi 3. Dan di klaim bahwa jenis ini lebih aman dari pada yang 2 pin.

Inovasi Colokan Yang Beragam dan Berbeda Beda

jenis colokan listrik

Untuk saat ini saja ada sekitar 50 lebih colokan listrik yang berbeda beda. Inovasi tersebut sudah banyak di lakukan di semua negara. Karena listrik sudah ada di semua belahan dunia yang berpenghuni.

Komite Teknik Elektro Internasional (IEC)

IEC

Asal usul colokan listrik kenapa bisa berbeda di setiap negara membuat organisasi di bidang elektronik membuat standar sendiri. Agar memiliki tujuan yang sama yaitu aman dan juga bagus. IEC yang berperan untuk mengontrol semua jenis elektronik yang ada saat ini.

Terkadang perbedaan colokan yang ada di berbagai dunia membuat kita sangat repot. Biasanya jika kita sedang bepergian ke luar negeri pasti kalian semua pernah merasakan.

Berkembangnya Colokan Yaitu Setelah Perang Dunia Ke 2

perang dunia ke 2

Usaha dari IEC ternyata bersamaan dengan perang dunia. Jadi ketika semua akan di rencanakan dengan baik pemerintah sibuk dengan perang yang ada saat itu.

Standar Colokan di Kembangkan Lagi

standar colokan

Namun setelah perang dunia ke 2 berakhir IEC kembali tidak menyerah dengan mengeluarkan standar colokan baru. Dan hingga sampai saat ini standar tersebut masih berlaku.

Walaupun beberapa negara sudah menetapkan standar sendiri. Tapi semuanya juga sudah termasuk sangat aman untuk di gunakan.

Terbaru : Misteri Yang Belum Terpecahkan di Perang Dunia Ke 2

Semua Negara Memiliki Sejarah Colokan Listrik Sendiri Sendiri

standar colokan negara

Asal usul colokan listrik di setiap negara ternyata mempresentasikan sejarah panjang dari negara itu sendiri. Sebagai contoh adalah indonesia yaitu colokan listriknya sama dengan negara yang menjajah kita yaitu Belanda.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here