Desa Palbapang
Image : Nur Romdlon

Mitos dan misteri di Indonesia merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, hampir setiap daerah mempunyai cerita dan mitos tersendiri. Tidak terkecuali di sebuahdaerah di Desa Palabapang, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, Yogyakarta juga menyimpan mitos yang di percaya sebagian besar masyarakat setempat.

Berlokasi di sebuah perempatan yang menghubungkan anatara kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo mepunyai mitos, apabila ada sepasang pengantin yang melewati perempatan tersebut maka harus melepaskan seekor ayam jago . selain itu juga apabila ada orang sakit yang mau di bawa kerumah sakit maka tidak boleh melewati perempatan tersebut, dengan alasan apabila melewati perempatan tersebut sama saja dengan bunuh diri, karena apabila orang sakit tersebut melewati perempatan tersebut maka akan mati.  mitos yang ada sejak dulu dan turun temurun sampai sekarang terus diceritakan oleh masayrakat setempat.

Selain mitos pasangan pengantin yang harus melepaskan ayam joga dan orang sakit yang tidak boleh melewati permpatan di jalan Palbapang, Di Desa Palabapang tersebut juga menyimpan mitos yang lain, apabila ada lurah Desa setempat yang tidak amanah maka akan meninggal.

KH. Badrussalam (52), tokoh msayarakat desa setempat yang mengatakan bahwa memang hingga saat ini tidak sedikit warga yang masih percaya dengan mitos tersebut. Hal itu membuat ketika ada sepasang pengantin yang melewati permepatan tersebut harus melepaskan ayam jago.

“Untuk menghindari dari mitos tersebut, ada juga yang memilih jalan alternatif supaya tidak melewati jalan tersebut ketika bepergian,”  imbuh KH. Badrussalam .
tidak berbeda dengan yang terjadi pada orang sakit. Mitos yang ada, orang yang sakit jika melewati perempatan tersebut maka akan meninggal. Untuk menghindari hal itu, maka mereka bisanya memilih melewati jalan alternatif lain.

KH. Badrussalam menjelaskan bahwa sebenarnya hal itu hanya berlaku untuk orang yang percaya tentang hal itu saja. Jika orang tersebut tidak mempercayai mitos tersebut, maka tidak akan terjadi hal-hal semacam itu.

“Asalkan orangnya mantap, tidak akan terjadi hal yang tidak di inginkan,”  imbuh KH. Badrussalam tokoh msyarakat desa setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here