hewan

Hewan langka di dunia memang menjadi faktor penting keseimbangan ekosistem di bumi, maraknya perburuan hewan langka ini membuat pemerintah lebih sigap dalam perburuan liar atas hewan-hewan yang dilindungi tersebut.

Banyak sekali hewan langka yang dilindungi di Indonesia apalagi di dunia ini, banyak negara yang berusaha penuh untuk melindungi satwa langka dari perburuan liar, karena selain untuk menyeimbangkan ekosistem di bumi juga menjaga keberlangsungan hidup hewan tersebut agar anak cucu kita bisa melihat dan belajar akan hewan langka tersebut.

Berikut ada beberapa hewan langka di dunia yang punah akibat perbuatan manusia sendiri, bahkan kabarnya hewan ini sempat tertangkap kamera, apa saja hewan tersebut mari kita simak.

Hewan Langka di Dunia yang Punah Akibat Manusia

Moa

hewan langka di dunia

Burung yang pernah hidup di Selandia Baru dulunya merupakan satwa langka yang dilindungi oleh pemerintah, hewan yang termasuk dalam kategori burung raksasa yang tidak bisa terbang ini pernah menjadi sorotan dunia karena perburuan liar oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab.

Menurut cerita burung moa yang ada di selandia mulai terancam kehidupannya ketika kedatangan suku maori pada tahun 1300-an, tidak lama berselang sekitar 100 tahun setelahnya burung ini dinyatakan punah.

Sangat sayang ketika kita mendengar akan hal ini, kabarnya burung ini banyak bermanfaat bagi kegiatan manusia, ia memakan serangga dan juga sayuran yang merusak alam, kotorannya dikatakan lebih subur daripada kotoran sapi.

Great Aux

burung Aux

Burung yang menyerupai pinguin ini ditemukan di wilayah inggris, hewan yang pernah menjadi sorotan dunia akibat maraknya perburuan Great Auk untuk pengobatan maupun jual beli ilegal dinyatakan punah pada tahun 1884.

Pernah ada seseorang yang menyatakan ke surat kabar di Inggris jika ia melihat hewan langka di dunia ini berada kutub selatan, saat ia menjelajah di sana ia menyaksikan dengan kepala sendiri burung tersebut.

Tasmanian Tiger

tasmanian

Hewan langka di dunia selanjutnya adalah tasmanian tiger (tasmanian wolf), hewan yang memiliki nama latin Thylacine ini pernah di buru habis-habisan karena masyarakat pada saat itu menganggap hewan ini sebagai hewan pemakan ternak.

Hewan ini hanya ditemukan di pulau Tasmania, selatan Australia. Dinyatakan benar-benar punah pada tahun 1936.

Quagga

quagga

Hewan langka di dunia ini tergolong unik, seperti kuda dan berkepala zebra, ternyata hewan yang biasa disebut dengan Quagga ini pernah hidup di Bumi ini, hewan ini bisa dikatakan dengan kuda namun memiliki karakteristik yang jauh berbeda dengan kuda.

Hewan langka ini pernah hidup di Afrika selatan, dinyatakan punah karena perburuan liar untuk diambil dagingnya. Hewan ini terakhir dilihat di kebun binatang Amsterdam pada tahun 1883.

Pyrenian Ibex

hewan langka di dunia

Hewan yang memiliki tanduk besar dan melengkung ini dulunya banyak ditemukan di Pegunungan Pyreness, Perancis. Populasinya yang begitu banyak pada akhirnya dinyatakan punah pada tahun 2000 karena tempat tinggal mereka mulai tergeser oleh pemukiman warga.

Pyrenian ibex terakhir bernama Celia yang mati akibat tidak bisa berkembang biak, beruntung pada saat itu tim ilmuan berhasil mengnkloning hewan tersebut dan lahirlah seekor bayi Pyrenian ibex, namun selang beberapa jam bayi hewan langka tersebut mati karena tidak bisa bernafas.

Itulah beberapa hewan langka di dunia yang punah akibat perbuatan manusia, sekarang kita bisa belajar bagaimana menjaga hewan-hewan yang ada di bumi, memang kadang hewan tersebut membuat kita marah akibat kerugian yang diakibatkan oleh hewan tersebut, namun jika hewan tersebut punah anak cucu kita tidak bisa melihat bagaimana hewan lucu tersebut hidup di bumi ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here