pulau paskah

Pulau Paskah memang menjadi banyak perhatian bagi para ilmuan karena di dalamnya terdapat hampir 800 patung kepala berukuran besar dengan nama patung moai dan terdapat dalam satu pulau yang biasa kita kenal dengan Pulau Paskah.

Jika sebelumnya gelut.com pernah membahas batu misterius yaitu batu stonehenge, kali ini kita akan bahas tentang misteri dan menguak lebih dalam tentang patung moai yang ada di pulau paskah.

Pulau Paskah Sebagai Warisan Dunia

pulau paskah

Pulau paskah yang terletak di sebelah selatan samudra pasifik tepatnya di Chilli dan termasuk dalam provinsi Valparaiso. Luas pulau paskah sendiri hanya sekitar 163.6 km² dengan populasi sekitar 4000 jiwa yang mengumpul hidup di ibukota Hanga Roa.

UNESCO secara resmi menjadikan tempat ini sebagai warisan dunia pada tahun 1995 karena terdapat berbagai keunikan dari tempat ini, salah satunya yang masih menjadi misteri adalah keberadaan 800-an patung kepala dengan ukuran besar terbuat dari patu yang biasa disebut patung moai.

Sejarah Pulau Paskah

pulau paskah misteri

Pulau paskah atau biasa disebut dengan Rapa Nui pada jaman dahulu adalah sebuah tempat terisolasi namun pada sekitar tahun 1200 dimasuki oleh para pelayut dan membawa budaya tersendiri.

Pulau ini ditemukan pada saat hari paskah pada tahun 1722 oleh ahli navigasi asal Belanda bernama Jakob R. Pada saat pertama ditemukan pulau ini memiliki penduduk sekitar 2000-3000 yang menghuni tempat ini.

Hingga pada pertengahan abad 19 beberapa penyakit yang dibawa orang barat membuat populasi di pulau ini menurun hingga berjumlah 100 jiwa sehingga disebut tempat terisolasi karena hal tersebut.

Misteri Pulau Paskah

Patung Moai Pulau Paskah

patung moai

Memang menjadi banyak perdebatan mengenai patung moai yang ada di pulau paskah ini pasalnya terdapat banyak patung kepala dengan hadapan sama, patung moai berdiri kokoh dan seperti orang diam dengan tinggi rata-rata 13 kaki dengan berat yang luar biasa yaitu mencapai 14 ton.

Untuk apa dan bagaimana cara pembuatan patung moai masih menjadi misteri hingga saat ini yang masih belum terpecahkan, banyak ahli sejarah tidak mengetahui kenapa masyarakat Rapa Nui mengerjakan tugas yang berat pada jamannya untuk membuat patung tersebut.

Beberapa ahli sejarah sepakat menyimpulkan jika tujuan pembangunan patung Moai adalah untuk menghormati leluhur dan kepala ada di sana, namun hal ini tidak ada bukti secara tertulis sehingga kesimpulan ini masih sementara sifatnya.

patung moai

Karena pulau ini termasuk pulau terisolai dengan jarak sekitar 3700 meter dari barat Amerika sehingga mereka membuat gaya arsitektur tersendiri yang belum ada di daerah lain, puncaknya yaitu ketika pendatang Rapa Nui mengukir patung moai hampir sekitar 900 patung disepanjang pulau Paskah, dan beberapa patung yang musnah diakibatkan karena bencana alam karena pembuatan patung tersebut yang merubah pulau paskah menjadi berbeda.

Patung Moai sebenarnya berukuran lebih panjang dari kelihatannya, jika kita amati memang hanya berbentuk kepala saja, namun sebenarnya patung ini memiliki tubuh yang utuh hanya terbenam oleh tanah, karena hal inilah para tim peneliti kebingungan bagaimana cara memahat batu yang berukuran besar dan memindahkannya di ujung pantai seperti yang sekarang kita lihat, hal ini masih menjadi misteri hingga sekarang yang belum terpecahkan.

Rongorongo

rongorongo

Rongorongo adalah sebutan untuk penemuan sebuah tablet misterius yang ada di pulau paskah, ada banyak lembaran atau tablet yang berisi tulisan misterius, berbagai ahli bahasa sudah dikerahkan untuk mengartikan arti dari tulisan beberapa tablet yang ada di pulau paskah ini.

Penelitian terakhir dilakukan oleh sarjana Hongaria bernama Wilhelm atau Guillaume de Hevesy, ia menghubungkan tulisan yang ada di 40 tablet rongorongo dengan tulisan pra sejarah lembah indus India. Ia mengatakan jika beberapa tablet yang ada di pulau paskah tersebut berisikan perjanjian damai. Namun kesimpulan ini belum mendapatkan persetujuan dari banyak pihak sehingga rongorongo masih menjadi perdebatan sampai saat ini.

Itulah beberapa misteri Pulau Paskah yang perlu kalian ketahui, masih banyak tempat lain yang menyimpan misteri di dunia ini, baca yang lain dari gelut.com maka akan membuka wawasan kalian.

Sumber : wikipedia, CNN, blogspot image

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here