militer
iamge : pixabay

DMZ atau biasa dikenal dengan Demiliterized Zone merupakan salah satu tempat yang pernah menjadi sejarah genjatan senjata antara kedua negara, Korea Utara dan Korea Selatan dulunya merupakan sebuah kesatuan kerajaan besar, karena suatu hal kerajaan ini menjadi terpisah menjadi dua negara yang berbeda. Walau pernah terjadi genjatan senjata, namun kabar hingga hari ini antara ke-dua negara masih sering memanas, masih sering terjadi masalah terutama di wilayah ini.

Namun janganlah takut untuk hal ini, tempat ini justru menarik banyak wisatawan untuk melihat secara langsung batas wilayah antara ke-dua negara ini, jika kalian datang langsung ke Korea Selatan, datanglah ke DMZ dan saksikan keindahan kota penuh ketegangan pada zamannya.

Daerah ini merupakan daerah khusus militer dimana para wisatawan yang datang harus melalui biro tour khusus dari negara tersebut, bagaimana suasana di wilayah tersebut? mari kita simak berikut ini.

Pertama Masuk Wilayah Akan Disambut Pasukan Berlapis

perbatasan korea utara dan selatan
image : blogspot image

Para wisatawan akan diajak masuk pertama kali di kawasan DMZ yang akan disambut oleh pasukan berlapis dari kedua negara, pasukan berlapis yang ada diwilayah ini dimaksudkan agar menjaga kemungkinan buruk yang terjadi antara ke-dua belah pihak.

Pagar Kawat Membentang Panjang Memisahkan Ke-dua Negara

kawat korea utara
image : blogspot image

Pemandangan yang pertama kali dilihat adalah bentangan pagar dari kawat yang memisahkan antara kedua belah pihak, dari sini banyak berdiri monumen-monumen perdamaian.

DMZ Theater

dmz theater
image : blogspot image

Selanjutnya kalian akan dibawa ke DMZ Theater untuk menyaksikan bagaimana sejarah dan kondisi pada saat perang 1950 – 1953.

Menelusuri Infiltration Tunnel

terowongan korea
image : blogspot image

Infiltration Tunnel merupakan salah satu tempat yang diduga kuat dibuat oleh Korea Utara pada masa peperangan, terowongan ini ditemukan sekitar tahun 1978, Korea utara dalam berita pernah memberikan pernyataan jika terowongan tersebut merupakan terowongan tambang batu bara. Terowongan ini memiliki panjang 1600 meter dan tinggi 2 meter. Pengujung yang masuk diharapkan membawa helm untuk menjaga keamanan jika ada batu dinding terowongan yang tiba-tiba jatuh.

Dora Observatory, Tempat Untuk Melihat Keindahan Wilayah DMZ

bendera tertinggi
image : blogspot image

Setelah itu para wisatawan akan diajak ke Dora Observatory, disana kalian dapat melihat keindahan area perbatasan yang terkesan damai dan indah. Di sana pula terlihat bendera Korea Utara berdiri pada tiang tinggi.

Dorasan Station Tujuan Akhir Para Wisatawan

dorasan station
image : blogspot image

Dan yang terakhir adalah Dorasan Station yang merupakan kereta rintisan yang dibangun secara modern.

Sumber : Wacana doang, Detik.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here