uang kertas

Uang merupakan alat pembayaran yang sah dalam bertransaksi jual beli, setiap negara memiliki karakteristik dan nilai tersendiri dalam setiap lembar uang. Indonesia sendiri memiliki berbagai macam bentuk uang mulai dari berbagai macam model uang lembaran hingga koin dengan nominal tersendiri.

Uang di berbagai negara dibuat dengan teknologi canggih agar tidak mudah dipalsukan, sebelum di edarkan uang ini juga harus mendapat persetujuan dari berbagai pihak, khususnya di Indonesia melalui beberapa seleksi dan persetujuan dari Menteri Keuangan, Internal BI dan Presiden RI.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam desain dan model dari uang kertas, sebagian besar berisi tentang pahlawan maupun orang yang pernah memimpin negeri ini, seperti pahlawan Pattimura dalam uang seribu, Bung Karno dan Bung Hatta dalam pecahan seratus ribu, dan gambar lain. Namun apakah kalian pernah melihat gambar dalam uang pecahan lima ribu-an yang bergambar orang menenun? Siapa gerangan orang cantik yang sedang menenun?

sosok penenun dalam uang lima ribu
image : liputan6

SosokPenenun Cantik Dalam Uang Lima Ribu Rupiah

Ternyata sosok tersebut adalah Natasha Annestessya, seorang yang dulunya cantik yang memiliki nama panggilan Ceci, Ceci kabarnya berasal dari orang tua pensiunan pemandu wisata Anjungan Sumatera Barat, Anna Tuturaima.

penenun uang lima ribu
image : liputan6

Kenapa ia dimasukan kedalam model uang kertas uang lima ribu? seperti yang dikutip dari liputan6 jika Natasha Annestessya merupakan pemenang pemilihan model desain mata uang pada saat ia masih berstatus sebagai Mahasiswa di Universitas Indonesia, pada saat itu perusahaan umum percetakaan RI mengadakan lomba pemilihan model desain mata uang.

Dari banyaknya kontestan yang ikut terpilihlah 80 model, dan setelah melewati beberapa seleksi akhirnya Natasha terpilih sebagai model terbaik, ia sebagai pengrajin tenun. Kini kabarnya ia telah memiliki suami asal Amerika, dan mereka menetap di Negeri Paman Sam tersebut.

Sumber : liputan6

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here