employee
credit : pixabay

Karyawan adalah aset berharga bagi setiap perusahaan. Oleh karenanya sangat penting bagi pimpinan perusahaan atau departemen HRD untuk memahami setiap potensi karyawannya. Sehingga bisa memaksimalkan kemampuan mereka dan berimbas baik bagi kemajuan perusahaan. Apa saja hal yang bisa diterapkan, agar bisa memotivasi karyawan semakin produktif dalam bekerja?

Menempatkan di posisi sesuai potensi karyawan

Saat rekruitmen karyawan, tentunya sebuah perusahaan sudah menetapkan berbagai kriteria khusus bagi calon karyawannya. Sehingga mereka bisa bekerja dengan baik, sesuai harapan perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan berpotensi tinggi, tentunya harus ekstra selektif. Jangan pernah sembarangan menerima karyawan yang tidak memiliki kemampuan yang sudah diterapkan perusahaan, dengan pertimbangan kedekatan emosional, keterdesakkan waktu dan lain sebagainya.

Saat proses penerimaan karyawan harus selalu menerapkan sistem profesionalitasan. Dengan perkembangan waktu, saat mulai menjalankan tugasnya sesuai jabatannya, perusahaan sudah bisa menilai potensi dan prestasinya. Dengan penilaian dalam waktu tertentu, perusahaan harus jeli dalam melihat potensi tersebut. Sehingga potensi yang dimilikinya bisa lebih maksimal dalam meningkatkan performa perusahaan

Memberikan target yang realistis

Target yang diberikan kepada karyawan harus realistis, sehingga tidak menyiksa atau memberikan tekanan terlalu berat pada karyawan. Pertimbangan penting dalam menetapkan beban kerja tertentu adalah dengan memperhatikan bobot kerja dan tenggat waktu yang realistis. Sehingga karyawan terpacu untuk mengejar target tugas tersebut. Apalagi kalau perusahaan akan memberikan penghargaan tertentu bila target itu tercapai. Semangat bekerja dan motivasi diri akan lebih terpacu.

Memberikan penghargaan atas prestasi kerja

Setiap orang suka menerima pujian dan hadiah. Kedua hal itu bisa diterapkan untuk memotivasi karyawan untuk bekerja lebih produktif. Sehingga mereka akan semangat dalam mencapai  berbagai prestasi kerja gemilang yang tentunya sangat diharapkan pihak perusahaan. Penghargaan secara lisan bisa diberikan kepada karyawan berprestasi dan akan lebih bagus kalau sekaligus memberikan hadiah khusus. Hadiah tersebut bisa berupa bonus kinerja berupa tambahan gaji, kenaikan jabatan, memberikan paket liburan khusus dan lain sebagainya. Dengan begitu perusahaan memberikan motivasi kepada seluruh karyawan untuk bisa bekerja lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here